Kegiatan ATLS T.A. 2017 di Rs Putri Hijau Kesdam I/BB Medan
Tanggal 2017-11-02 | Infokes Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB

Medan, Rumkit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB mengadakan pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support). Pelatihan ini diikuti oleh 32 Orang dokter umum yang dimulai sejak 13 Oktober 2017 s/d 15 Oktober 2017.
ATLS (Advanced Trauma Life Support) adalah salah satu nama pelatihan atau kursus tentang penanganan terhadap pasien korban kecelakaan. Pelatihan ini semacam review praktis yang bertujuan agar peserta (khusus dokter) dapat melakukan diagnose secara tepat dan akurat terhadap pasien trauma, dapat mengerjakan pertolongan secara benar dan sistematis serta mampu menstabilkan pasien untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sertifikat course ATLS saat ini semakin dicari karena sebagian besar klinik atau rumah sakit dan instansi layanan kesehatan menetapkannya sebagai salah satu syarat untuk mempekerjakan seorang dokter.
Pelatihan ATLS ini, pelaksanaannya dimampatkan dalam 3 hari penuh, meliputi;   kuliah interaktif , demontrasi, group diskusi, latihan ketrampilan langsung termasuk menggunakan binatang percobaan,  simulasi dan ujian baik tertulis maupun praktek Dengan instruktur terdiri dari :
1. dr. Juli ismail, Sp. B.T (RS.Dr. Djail - Padang)
2. dr. Welly Zulfikar, Sp.B.KL (RSUD Arifin Achmad  - Pekan Baru)
3. dr. Tri Kurnianto, Sp.B (Rumkit TK II Kesdam IM - Aceh)
4. dr. Muslim, Sp.B.D ( RS. Dr. Zainoel Abidin - Aceh)
5. dr.  Purwo Setyanto, Sp.B (Rumkit TK II PH Kesdam I/BB - Medan)
6. dr.  Bayu Dewanto, Sp.BS (Rumkit TK II PH Kesdam I/BB - Medan)
7. DR. dr.  Kh. Iksan Nasution, Sp.BS (Rumkit TK II PH Kesdam I/BB - Medan)
8. dr. Ronald Sitohang, Sp.B ( RSUP H. Adam Malik - Medan)
9. dr. Erina Outry Siregar, Sp.B.D (RS. Pringadi - Medan)
10. dr. Kamal Basri S, Sp.B.Onk (RSUP H. Adam Malik - Medan)
11. Staff Pendukung dari Instaldik Rumkit TK II PH Kesdam I/BB Medan dan lainnya.
Dijarkan lebih dari 10 materi kasus ke-emergency-an namun kesemuanya memiliki prinsip penanganan yang sama. Dimulai sejak pagi, jam 7 sampai selesainya bisa hingga jam 7 malam,. Goal besar penyelenggaraan kursus ini, nantinya para peserta diharapkan dapat berperan menolong para korban kecelakaan agar terhindar  dari kematian atau mengurangi angka kematian akibat trauma.